Minggu, 21 Oktober 2012

 Saya pernah membetulkan atau menservice komputer temen saya... pas saya tanya kenapa komputernya rusak ? lalu ia menjawab "cpu nya nyala tapi monitornya mati" disitu saya kira kerusakannya ada pada kabel VGA nya atau karena monitornya rusak. lalu saya tanya lagi kenapa bisa begitu ? ia pun menjawab "gara gara saya mau nyobain buka buka BIOS , terus saya otak atik BIOS nya dan yang terjadi ya seperti ini(monitor nya gak mau nyala" , dan ketika saya datang kerumahnya ternyata kaber VGA dan monitornya masih dapat berfungsi dengan baik , disitu saya dapat kesimpulan bahwa yang salah adalah pengaturan BIOS nya dan saya ingat perkataan guru saya  yang bilang "Jika kita ingin mereset BIOS kita bisa mencopot baterai atau memindahkan JUMPER yang terletak pada CPU", lalu saya pun membongkar CPU teman saya tersebut lalu saya menemukan JUMPER dengan 3 pin dan saya lakukan langkah - langkah berikut :

1. Cabut Jumper yang semula ada pada pin ke 2 dan 3.
2. Pindahkan Jumper tersebut pada pin ke 1 dan 2.
3. Tunggu beberapa saat, kemudian pindahkan kembali Jumper pada pin ke 2 dan 3.
4. Coba nyalakan CPU kembali, jika kita berhasil maka BIOS akan kembali ke pengaturan Default sehingga   tidak ada kesalahan yang dapat menyebabkan Monitor tidak mau menyala.

Memang pertama denger sih agak bingung ,,, tapi ketika dipraktekan ternyata itu sangat mudah loh....
Posted by N Huda On 20.49 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Blogger news

    Blogroll

    About